Program

Published on June 29th, 2015 | by redaksi

0

Pemkot Bandung Akan Bangun Taman Vertikal

BANDUNGJUARA – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung tengah giat-giatnya mempercantik wajah kota. Setelah taman tematik, kini tengah dibangun taman vertikal di beberapa lokasi.

“Kita terus berkomitmen menjadikan Bandung sebagai Kota Kembang,” kata Kepala Dinas Pemakaman dan Pertamanan (Diskamtam) Kota Bandung Arief Prasetiya.

Menurut Arief, pembangunan taman vertikal atau vertical garden itu kini tengah dalam tahap proses pengerjaan. Tahap pertama dilakukan di Jalan Supratman Kota Bandung.

Setelah itu, proses pembangunan taman vertikal akan terus berlanjut ke beberapa titik lainnya, mulai dari Jalan Supratman hingga kawasan Jalan Ir H Juanda. Tercatat ada 20 titik yang akan dibangun taman vertikal.

“Lokasinya mulai dari Jalan Diponegoro, Supratman, H Juanda, perempatan Martadinata, perempatan Jalan Ir H Juanda-Sulanja. Untuk Jalan Supratman proses pengerjaan sudah dilakukan sejak minggu kemarin,” terangnya.

Menurut dia, untuk merealisasikan hal tersebut, sedikitnya dibutuhkan dana sekitar Rp 200 juta dan pembangunan taman vertikal. Dana itu bersumber dari APBD Kota Bandung.

Arief menjelaskan, besi menjadi bahan utama dalam rangkaian kontruksi rangka. Bentuknya mirip seperti ketupat yang dibelah. Agar kokoh, rangkaian diberikan sebuah pilar pada beberapa bagian.

“Bahannya dari besi, setelah itu tanaman-tanaman baru dipasang. Tetapi kita juga lagi menyesuaikan, dipas-pasin agar terlihat bagus. Untuk ukuran, yang terbesar 2 x 1,5 meter,” ujar dia.

Taman vertikal ditargetkan bakal rampung setelah Lebaran nanti. Setelah selesai, lanjut dia, taman vertikal akan diberikan perawatan seperti halnya taman-taman lainnya yang telah dulu ada.

“Perawatannya agak berbeda, karena itu kita akan intensif melakukan penyiraman karena tanaman yang kita gunakan itu mudah kering. Insya Allah target kita selesai sesudah lebaran,” tandas Arief. [hus]

sumber: inilah

Tags:

#tamanvertikal


About the Author



Back to Top ↑


  • ahok angkot Bandung bandung juara denda dishub bandung emil Konferensi Asia Afrika oded pelajar pemkot pemkot bandung persib pkl ridwan kamil sampah satpol pp sekolah siswa smart city taman taman tematik walikota
  • Foto Seputar Bandung

  • Bandung Facebook



  • daftar apartemen gratis