Berita

Published on January 14th, 2015 | by redaksi

0

Tahun Ini, 52 RW di Bandung akan Miliki Taman Cantik

BANDUNGJUARA – Pada tahun 2015, 52 RW di Kota Bandung akan mendapatkan bantuan penataan taman dari Dinas Pertamanan dan Pemakaman Kota Bandung. Selain taman RW yang akan disulap cantik, Pemkot juga akan membangun sejumlah taman tematik seperti yang telah dilakukan di sepanjang 2014.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman Kota Bandung Arif Prasetya saat dihubungi detikcom.

“Tahun 2015 ini kita mengusulkan beberapa pembangunan taman. Serta penataan kembali taman-taman di 52 RW,” ujar Arif.

Taman RW tersebut tersebar di seluruh kecamatan di Kota Bandung. Anggarannya sekitar Rp 100 jutaan per taman.

“Luasannya ada yang 100 meter persegi, ada yang lebih. Tapi yang pasti kita yang akan tata, bukan berupa bantuan dana lalu warga yang mengerjakan,” tuturnya.

Hal itu dilakukan, supaya ada keseragaman desain taman.

Selain penataan taman RW, Dinas Pertamanan dan Pemakaman Kota Bandung juga mengusulkan sejumlah taman, termasuk taman tematik. Namun Arif belum bisa menyebut berapa anggaran untuk pembangunan atau penataan taman kota yang luasannya cukup besar.

“Ada beberapa taman yang diusulkan, tapi belum tahu mana yang akan dikerjakan. Lagipula taman-taman tematik juga kan ada yang akan dikerjasamakan dengan pihak ketiga,” kata Arif.

Anggaran Pemkot Bandung saat ini masih dalam tahap evaluasi Gubernur Jabar. Namun Arif mengungkapkan, ada kenaikan yang cukup signifikan untuk dinas yang dipimpinnya itu di 2015.

“Tahun ini kita dapat anggaran Rp 113 miliar. Naik cukup signifikan dari 2014 yaitu sebesar Rp 61 miliar, plus tambahan bantuan gubernur jadi Rp 81 miliar,” jelasnya.

Dari anggaran yang didapat tersebut, Arif belum mengetahui rinci berapa anggaran untuk pos-pos penataan taman.

“Jumlah itu masih gelondongan. Itu termasuk anggaran non urusan seperti gaji pegawai dan operasional. Untuk bidang pertamanan dan dekorasi kota serta pemakaman belum tahu rincinya berapa. Tapi yang jelas naik,” tutur Arif.

Realisasi penyerapan anggaran di Dinas Pertamanan dan Pemakaman Kota Bandung pada 2014 disebut Arif mencapai Rp 70 miliar.

sumber: detik

Tags:

#Bandung
,
#taman
,
#tematik


About the Author



Back to Top ↑


  • ahok angkot Bandung bandung juara denda dishub bandung emil Konferensi Asia Afrika oded pelajar pemkot pemkot bandung persib pkl ridwan kamil sampah satpol pp sekolah siswa smart city taman taman tematik walikota
  • Foto Seputar Bandung

  • Bandung Facebook



  • daftar apartemen gratis