Berita

Published on February 23rd, 2016 | by redaksi

0

Menagih Janji Ridwan Kamil untuk Revitalisasi Saritem

Mei 2015 lalu, warga Saritem di Jalan Gardujati, Kota Bandung, mendadak geger. Pada tengah malam, ratusan aparat kepolisian merangsek masuk ke perkampungan yang dikenal sebagai lokasi prostitusi terbesar di Bandung.

Kegiatan penggerebekan Saritem sudah sudah kesekian kalinya dilakukan. Namun, untuk penutupannya kali pertama dilakukan di masa kepemimpinan Ridwan Kamil.

Meski dikecam warga, Pemerintah Kota Bandung berambisi melenyapkan aktivitas bisnis haram di Saritem. Agar tak mematikan ekonomi warga, Ridwan Kamil pun menawarkan solusi. Salah satunya, merevitalisasi kawasan Saritem menjadi pasar emas.

Namun, hingga kini rencana itu tak pernah terwujud. Emil, sapaan akrabnya, mengatakan, rencana revitalisasi Saritem menjadi pasar emas terganjal belum adanya komitmen dari investor.

“Untuk yang pasar emas itu dia punya penahapan ekspansi bisnisnya. Nah, ekpansi yang pertamanya dia fokus dulu di Kabupaten Bandung,” ucap Emil di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukencana, Senin (22/2/2016) sore.

Menurut Emil, revitalisasi Saritem menjadi solusi paling masuk akal. Selain bisa menekan praktik prostitusi, munculnya pasar emas bisa membantu memulihkan ekonomi masyarakat.

“Jadi nunggu frenchise-nya di Kabupaten Bandung selesai, saya mau tarik ke daerah Saritem. Tapi rencana itu menurut saya yang paling solutif,” ucapnya.

Selain itu, Emil juga menawarkan pinjaman lunak kepada warga Saritem melalui program kredit melati (melawan rentenir). Program itu dimaksudkan agar masyarakat bisa mendapatkan modal untuk beriwirausaha.

Namun, setali tiga uang, upaya tersebut nyaris tak berdampak. Hingga saat ini, Emil mengaku belum mendapat laporan berapa jumlah warga Saritem yang mengajukan pinjaman.

“Saya sudah tugaskan kepada lurah, makanya saya mau tanya dari 7.000 kredit melati yang sudah diberikan saya pengen tahu berapa yang sudah diserap oleh penduduk Saritem ini,” jelasnya.

Sumber : Kompas

Tags:

#Bandung
,
#bandungjuara
,
#emil
,
#lokalisai
, ,
#pemkot
,
#pemkotbandung
,
#pkl
,
#psk
,
#ridwankamil
,
#saritem
,
#smartcity
,
#tamantematik
,
#walikota


About the Author



Back to Top ↑


  • ahok angkot Bandung bandung juara denda dishub bandung emil Konferensi Asia Afrika oded pelajar pemkot pemkot bandung persib pkl ridwan kamil sampah satpol pp sekolah siswa smart city taman taman tematik walikota
  • Foto Seputar Bandung

  • Bandung Facebook



  • daftar apartemen gratis