Berita

Published on May 23rd, 2017 | by redaksi

0

Aplikasi Angkot Online Diluncurkan Pemkot Bandung

Dinas Perhubungan bersama Pemerintah Kota Bandung mmelakukan launching aplikasi angkot online “Hayu Ngangkot” di Taman Film, pada Senin (22/5/2017). Sebelumnya Dishub sendiri sudah melakukan sejumlah terobosan baru dengan menghadirkan angklung (angkot keliling bandung), angkot pintar, dan angkot santun.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung Didi Ruswandi mengatakan, hingga saat ini baru sebanyak 30 angkot yang ikut dalam angkot online. Tentunya dalam launching pun sekaligus dipergunakan untuk registrasi para supir angkot.

“Dari teman-teman koperasi ini diperkenalan sekalian pendaftaran driver untuk masuk. Bagi trayek itu dari 3 koperasi, tapi mereka janji akan dipercepat agar ditambah,” ungkapnya saat on air.

Didi menjelaskan, wujud dari angkot online ini sama dengan yang lainnya hanya saja fungsinya yang berbeda. Ada dua layanan yang nantinya bakal dihadirkan angkot ini yakni untuk charter dan logistik.

“Angkot ini seperti yang lainnya bisa dibilang ini sisi tambahan atau dibalik silahkan gimana supirnya. Ada dua layanan yakni charter dan logistik. Untuk logistik artinya kita ingin melayani orang yang bawa barang banyak atau jasa pengiriman barang. Kalau yang charter diharapkan bisa dipakai untul rekreasi , sekolah atau kuliah bareng agar lebih efisien,” sambungnya.

Dari segi sistem sendiri lanjut Didi, nantinya angkot online tetap harus mengantarkan penumpang sampai tujuan. Namun, bilamana ada yang mencharter, sang supir harus mentransferkan penumpang ke angkot yang lain.

Sementara bagi biaya perkilometernya, Didi menyebutkan para penumpang akan dikenakan tarif sebesar Rp 40 ribu untuk satu kilometer pertama, sedangkan selanjutnya per kilometer bakal dikenakan biaya Rp 4.500. Dan biaya tersebut masih dibayarkan secara tunai oleh penumpang.

Adapun bagi supir yang hendak mengikuti sebagai pengemudi angot online ini, Didi menerangkan bisa mendaftarkan diri melalui aplikasi di playstore atau mendatangi koperasi yang berada dinaungan Dishub Kota Bandung.

“Kalau sekarang ada dua opsi pertama mereka bisa registrasi ke koperasi, kedua bisa langsung dari playtstore ada aplikasi hayu ngangkot,” jelasnya.

Didi melanjutkan bahwa dia pun berharap melalui terobosan baru ini, masyarakat kota Bandung bisa sedikit-sedikit mulai beralih menggunakan transportasi umum ketimbang kendaraan pribadi.

“Kami harapkan ini semakin tumbuh dan angkotnya juga makmur sehingga konsepnya mudah. Kami juga berharap masyarakat bisa beralih ke fasilitas ini,” ungkapnya menutup.

Tags:

#angkotonline


About the Author



Back to Top ↑


  • ahok angkot Bandung bandung juara denda dishub bandung emil Konferensi Asia Afrika oded pelajar pemkot pemkot bandung persib pkl ridwan kamil sampah satpol pp sekolah siswa smart city taman taman tematik walikota
  • Foto Seputar Bandung

  • Bandung Facebook



  • daftar apartemen gratis